Ini Dia! Cara Melelehkan Cokelat Blok Dengan Benar!

Mayoritas orang pasti pernah merasakan nikmatnya cokelat, salah satunya dengan menyicipi lelehan cokelat batang sebagai topping seperti di donat atau setidaknya pernah melihat cokelat yang menggumpal dilelehkan dengan minyak goreng agar mengkilap. Apapun itu, tetap yang mengolah dengan teknik sendiri. Cara melelehkan cokelat blok dengan benar sebenarnya mudah asalkan kita mau membaca.

Sayangnya jarang orang membaca teknik yang tepat untuk mengolah cokelat, terutama untuk dilelehkan. Untuk itu artikel ini akan menjabarkan caranya di sini. Simak artikel tentang cara melelehkan cokelat blok dengan benar berikut ini!

Potong Cokelat Terlebih Dahulu

manfaat dark chocolate bagi kesehatan
Sumber gambar: Freepik.com

Banyak orang sering lupa atau terburu-buru memasukkan cokelat batangan langsung ke alat pemanas. Padahal hal ini bisa jadi membuat proses pelelehan jadi semakin lama. Hal ini karena sisi suatu bidang untuk menghantarkan panas akan sangat berpengaruh, terutama dari ukurannya.

Dengan tidak memotong cokelat menjadi kotak-kotak kecil, maka panas yang dihantarkan akan semakin lamban dan menjadikannya tidak meleleh dengan sempurna. Mengapa demikian? karena bidang yang akan dipanaskan terlalu luas untuk laju mobilitas panas yang akan dihantarkan.

Untuk mengatasi hal tersebut, disarankan untuk memotong cokelat menjadi bagian-bagian kecil agar panas lebih mudah dihantarkan. Nantinya cokelat akan lebih cepat panas karena hanya perlu menghantarkan panas pada bidang-bidang kecil. Dengan begitu, cokelat akan segera meleleh dan siap untuk diolah. Lanjut ke tahap cara melelehkan cokelat blok dengan benar selanjutnya!

Gunakan Metode Tim

Cokelat mengandung banyak gula
Sumber: livinthepielife.com

Ada banyak metode yang digunakan dalam dunia kuliner. Tiap-tiap metode akan menghasilkan produk yang berbeda dan tidak semua metode dapat digunakan pada semua jenis makanan. Ada keharusan untuk kita menentukan metode yang tepat untuk jenis bahan makanan yang tepat pula agar nantinya menghasilkan makanan yang lezat dan juga berkualitas.

Sama halnya dengan teknik mengolah cokelat, terdapat metode yang bisa membantu dalam melelehkan cokelat dengan benar. Metode ini kita sebut sebagai metode ‘tim’. Tim adalah metode yang menggunakan air panas dalam panci dan mangkuk kaca tahan panas atau anti panas.

Cokelat biasanya dilelehkan dengan cara tersebut. Siapkan panci dengan ukuran sesuai kebutuhan dan banyaknya cokelat lalu isi dengan air kurang lebih setengahnya. Masak hingga airnya panas atau mendidih. Air di sini harus panas agar bisa memudahkan proses pelelehan.

Lalu masukan cokelat yang sudah dipotong menjadi bagian-bagian kecil tadi ke dalam mangkuk kaca tahan panas yang terbuat dari bahan dasar kaca yang tebal, kuat, dan juga aman untuk memasak.

Letakkan mangkuk cokelat di atas panci yang sudah diisi air tadi. Posisikan mangkuk tepat di tengah-tengah panci agar panas merata. Agar hasil lebih maksimal, usahakan tinggi antara panci dan mangkuk memiliki selisih yang cukup dengan memposisikan mangkuk lebih tinggi dari panci.

Aduk terus sampai cokelatnya meleleh dengan air yang sudah dipanaskan tadi. Ingat selalu untuk mengawasi didihan air yang menghasilkan uap basah dan berakhir masuk ke adonan cokelat. Hal ini bisa membuat adonan cokelat menggumpal dan hasilnya menjadi tidak maksimal.

Jika terlambat dan berakhir menggumpal, cukup tambahkan sedikit mentega lalu lelehkan lagi cokelat tadi. Lanjut ke tahap cara melelehkan cokelat blok dengan benar selanjutnya!

Perhatikan Jenisnya

White Chocolate
Foto by Anete Lusina – Pexel.com

Seperti yang diketahui, bahwa tiap jenis bahan makanan memiliki metodenya sendiri untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika ingin mengolah jenis dark dan milk cokelat, lelehkan menggunakan api ukuran sedang. Sementara untuk cokelat putih dan berwarna yang lain, bisa menggunakan api berukuran kecil.

Setelah itu harus langsung memasukan cokelat tadi ke wadah atau cetakan agar tidak langsung mengeras. Jika cokelatnya mulai mengeras kembali, segera lelehkan ulang sebelum benar-benar mengeras. Setelah itu, segera masukan ke kulkas atau pendingin lainnya di rumah dan setelahnya bisa membalutnya dengan kertas aluminium dan beri hiasan agar lebih menarik.

Lanjut ke tahap cara melelehkan cokelat blok dengan benar selanjutnya!

Buat Semenarik Mungkin

Cokelat pada dessert
Sumber: mommyasia.id

Untuk yang suka membuat kreasi dari cokelat seperti cornflakes cokelat dan cokelat kacang, tambahkan bahan tadi tepat setelah cokelat meleleh, terus aduk sembari tetap memposisikan cokelat di atas kompor tadi dengan suhu yang diperhatikan juga. Ingat, jangan sampai uap dan air masuk ke adonan atau harus mengulangi semua prosesnya tadi kembali dari awal.

Untuk yang ingin membuat cornflakes namun khawatir bahannya akan berkurang kerenyahannya, dapat memasukan bahannya tadi ke kulkas untuk sementara, sembari menyiapkan adonan cokelat yang dilelehkan tadi. Untuk yang ingin membuat cokelat kacang, bisa menyangrai kacangnya terlebih dahulu agar tidak ada kadar kerenyahan yang berkurang di dalamnya.

Selain itu, juga dapat menambahkan berbagai bahan seperti susu jika ingin mendapatkan tekstur yang lebih lembut. Jika tidak ada susu dan tidak sempat untuk membelinya, cukup ganti bahannya dengan mentega. Caranya adalah dengan menghangatkan terlebih dahulu susu atau menteganya tergantung yang dipilih sesuai selera atau kebutuhan.

Lalu campurkan sedikit demi sedikit ke adonan cokelat yang sudah disiapkan tadi sampai mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan. Jika sudah, selamat, cokelat siap untuk dikreasikan.

Memberikan susu atau mentega pada cokelat akan membuat cokelat tadi cenderung lembut dan sukar untuk mengeras. Jadi untuk yang menginginkan adonan tadi untuk kebutuhan topping, cokelat campuran ini cocok untuk digunakan sebagai topping atau isian kue sekali pun.

Ingin buat cokelat warna warni? Jika ingin mendapat hasil seperti itu, cukup campurkan sedikit pewarna makanan yang berbahan dasar minyak ke dalam adonan cokelat putih yang sudah meleleh. Khusus bagi yang tidak memiliki pemanas seperti kompor seperti mahasiswa yang tinggal di kost dan hanya memiliki rice cooker, tetap bisa membuat cokelat. Rice cooker atau penanak nasi Anda bisa digunakan untuk mengetim cokelatnya.

Caranya cukup dengan menyalakan rice cooker dengan mode atau setelan cooking, lalu masukkan cokelat yang sudah dipotong-potong kecil dan aduk terus hingga meleleh. Selain itu, bisa juga dengan cara lain namun tetap menggunakan rice cooker. Yaitu dengan cara memasukkan potongan cokelat ke dalam plastik yang ditali rapat, lalu masukkan plastik cokelat tadi ke dalam air yang sudah didihkan di dalam rice cooker, ingat untuk tetap menjaga suhu dan upa airnya. Rendam cokelat sampai meleleh dengan tetap memastikan tidak ada air yang masuk ke dalam plastiknya.

 

Lanjut ke tahap cara melelehkan cokelat blok dengan benar selanjutnya!

Itulah Cara Melelehkan Cokelat Blok Dengan Benar

Setelah membaca segala macam teknik yang sudah dijabarkan tadi. Kapan Anda akan mulai membuat cokelat sendiri? Bukan memaksa atau semacamnya, namun pada dasarnya teknik dalam memasak diperlukan juga keahlian yang cukup yang bisa didapatkan dari latihan yang konsisten.

Mulai terlebih dahulu dari hal yang paling sederhana seperti memotong cokelat menjadi kotak-kotak kecil. Jika terbiasa melakukan latihan ini, Anda perlahan akan berhasil membuat potongan yang rapi nan presisi. Hal ini dapat membuat kinerja dalam pembuatan adonan lelehan cokelat Anda semakin baik.

Setelah itu berlatih juga untuk mengatur suhu air agar tidak terlalu mendidih dan berakhir mengeluarkan uap yang merusak adonan nanti. Jangan lupa untuk berhati-hati, karena Anda sekarang sedang berurusan dengan air panas. Jangan sampai terjadi hal yang tidak diharapkan ya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *