foto Milk Chocolate

4 Fakta Menarik Milk Chocolate, Pecinta Cokelat Harus Tahu

Popular sejak Abad 20, milk chocolate jadi salah satu cokelat favorit sepanjang masa.

Sudah tidak diragukan lagi cokelat menjadi salah satu makanan favorit mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Bahan makanan yang berasal dari biji kakao ini diperkaya dengan berbagai nutrisi dan manfaat untuk tubuh dan juga kesehatan. Tidak hanya itu, cokelat juga dipercaya bisa meningkatkan mood serta mengurangi stress bahkan dipercaya sebagai simbol orang yang sedang jatuh cinta.

Dari berbagai jenis coklat yang ada di dunia, terdapat sebuah jenis coklat favorit yang dicampurkan dengan susu dan gula, cokelat ini bernama milk chocolate. Cokelat susu atau milk chocolate mulai populer sejak abad ke-20an di berbagai negara.

Foto Milk Chocolate
Foto by Caglar Araz – unsplash.com

Cokelat susu memiliki rasa lebih manis daripada dark chocolate. Hal ini karena kandungan cokelat susu yang mengandung gula. Namun, secara tekstur cokelat susu terasa creamy dan lembut ketika dirasakan pada lidah.

Sejak penemuan pertama milk chocolate di Swiss, cokelat jenis ini sudah digemari masyarakat berbagai belahan dunia mulai dari Amerika Serikat, Eropa, Cina, Asia bahkan Norwegia. Berbagai merek cokelat juga berlomba membuat cokelat dengan campuran susu yang enak untuk dikonsumsi langsung maupun campuran bahan makanan berbentuk milk chocolate compound.

Tidak hanya itu, Berikut ini fakta menarik yang harus kamu ketahui lebih lanjut tentang milk chocolate, yuk simak!

1. Kandungan Milk Chocolate Menyesuaikan dengan Jaman

Pada dasarnya, milk chocolate terbuat dari biji coklat dengan kandungan padat kakao dan juga kandungan gula yang lebih tinggi serta ditambah dengan produk susu. Susu yang dipakai bisa disesuaikan, seperti susu yang mengalami proses rebus, susu bubuk maupun susu kental.

Sesuai perkembangan jaman, cokelat susu memiliki panduan kandungan yang berbeda-beda. Saat pertama kali popular, cokelat susu dikenal dengan rasa susu dan gula yang lebih khas daripada rasa cokelat yang dihasilkan. Tidak lama setelahnya, cokelat susu mulai mengalami perubahan komposisi dan rasa, kandungan kokoa dicampurkan sekitar 25% cocoa butter.

Pada abad ke-21, Kandungan pada cokelat susu disesuaikan dengan kebutuhan dan rasa khas yang ditonjolkan dari berbagai merek cokelat. Milk chocolate dibuat dengan lebih banyak kakao yang dikandung daripada gula dan susu sehingga coklat susu atau milk chocolate memiliki rasa yang tidak terlalu manis namun masih bisa dinikmati.

Kandungan Milk Chocolate
Foto by Vie Studio – Pexels.com

2. Milk Chocolate Bisa Diproduksi Sendiri

Memperoleh milk chocolate, tidak hanya berasal dari produsen cokelat. Kamu bisa membuat cokelat susu sendiri dengan bahan yang telah disesuaikan. Terdapat tiga tahapan untuk membuat sebatang milk chocolate. Dimulai dari bahan cokelat yang dipadukan dengan bahan susu dan gula dicampur dengan bubuk kakao padat sesuai dengan takaran. Standar pembuatan milk chocolate di Amerika menjelaskan, cokelat susu harus mengandung minimal 10% pasta cokelat, 3,39% lemak butter, dan 12% susu.

Takaran juga harus disesuaikan karena berpengaruh terhadap rasa yang dihasilkan. Selanjutnya, campuran bahan milk chocolate dikeringkan untuk menjadi bubuk cokelat susu dalam bentuk remahan.

Tahap ketiga, untuk mendapatkan tekstur yang halus dan creamy, cokelat susu melalui tahap “conching” atau kepulan. Ini berarti mencampur semua bahan dengan takaran yang pas secara bersamaan. Proses dimulai dalam suhu yang rendah dan ketika mulai pencampuran suhu dinaikkan sangat lambat untuk membantu mengeringkan dan mengembangkan rasa yang halus.

Produksi Milk Chocolate
Foto by Olenka Sergienko – Pexel.com

3. Nutrisi pada Milk Chocolate

Sebungkus cokelat susu batangan mengandung sekitar 20 mg atau sekitar 0,31 gram kafein per 100 gram. Kandungan pada milk chocolate merangsang sistem saraf dan membantu tubuh menyeimbangkan mineral pada tubuh. Untuk orang yang sedang menjalani diet, jumlah kafein dalam milk chocolate harus lebih diperhatikan dan disarankan untuk tidak lebih banyak mengonsumsinya.

Nutrisi lainnya dalam sebuah cokelat susu yaitu kalori pada milk chocolate sekitar 42 gram sedangkan dalam sebatang milk chocolate batang mengandung kurang lebih 235 kalori. Perlu diketahui juga, kandungan lemak jenuh pada cokelat susu tinggi, hal ini diperoleh dari gula dan susu. Dalam 1.5 ons cokelat susu mengandung sekitar 13 gram lemak atau 8,1 persen dari total lemak.

Termasuk kandungan tinggi dalam karbohidrat dan lemak, milk chocolate juga mengandung nutrisi baik bagi tubuh. Dalam 150 Gram cokelat susu, terkandung sebanyak 83 Mg kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang serta 1 Mg zat besi. Kandungan potasium juga bisa ditemukan dalam sebatang cokelat susu, sebanyak 164 Mg dan 1 Mg Zinc bermanfaat untuk saraf pada kesehatan jantung. Tidak lupa, cokelat susu juga diperkaya dengan 86 unit vitamin A dan 2.5 mikrogram vitamin K.

4. Simpan Milk Chocolate pada Suhu Ruang

Milk chocolate tidak perlu didinginkan di dalam kulkas, kamu bisa mendinginkan cokelat susu hanya di suhu ruangan. Jika coklat mengalami pendinginan dalam jangka panjang, hal ini menyebabkan cokelat susu tidak lagi terlihat enak, namun cenderung terlihat keruh dan mengembang. Kabar baiknya, hal ini tidak menyebabkan bahaya pada bahan dan juga tidak mengubah rasa. Disarankan untuk menyimpan coklat dalam suhu yang sejuk dan konstan apabila akan disimpan dalam beberapa bulan.

Milk chocolate yang yang berkualitas tinggi memiliki ciri yang mengilap dan tidak mudah untuk dipatahkan. Ini terjadi karena tekstur yang ada pada cokelat susu yaitu creamy dan lembut. Rasa manis pada cokelat susu juga menjadikan milk chocolate sebagai sajian favorit yang dipasangkan dengan secangkir teh atau kopi panas. Bisa juga sebagai campuran ice cream atau pun dikombinasikan dengan campuran bahan kue, cemilan dan sajian penutup yang menarik.

Kue Milk Chocolate
Foto by Shania Pinnata – unsplash.com

Kamu bisa mencampurkan compound milk chocolate dalam beberapa sajian dessert, rasa susu dan cokelat yang khas membuat sajian lebih enak untuk dinikmati. Salah satu ide sajian penutup yang bisa kamu buat adalah puding cokelat susu atau cokelat mousse.

Pembuatan dessert puding cokelat susu ini cukup mudah. Bahan yang dibutuhkan yaitu compound milk chocolate, agar-agar berwarna cokelat, gula pasir dan air. Namun, jika ingin lebih manis kamu bisa menambahkan susu cair atau susu kental manis tambahan. Campurkan semua bahan ini hingga merata, aduk terus dan masak sampai puding cokelat susu mendidih.

Pada pembuatan chocolate mousse, tidak berbeda dengan puding cokelat susu. Tekstur chocolate mouse lebih creamy dan terlihat padat. Untuk mendapatkan tektur ini, kamu harus menambahkan sedikit tepung maizena kedalam adonan chocolate mousse. Cara masak bisa saja sama dengan puding, namun tepung maizena yang diberikan di akhir membuat chocolate mousse lebih kental dan creamy untuk keseluruhan hasil.

Jika kamu suka dengan cokelat susu yang dimakan langsung, kamu bisa memilih merek milk chocolate yang ditawarkan beberapa merek cokelat terkenal. Semoga bermanfaat!

Makan Milk Chocolate
Foto by Tree of Life Seeds

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *