Keren! Ini 10 Tips Agar Cokelat Tidak Mudah Meleleh

Ilustrasi cokelat yang tidak mudah meleleh
Ilustrasi cokelat yang tidak mudah meleleh (sumber: lifestyle.okezone.come)

Bagaimana agar cokelat yang kita miliki tidak mudah meleleh? Mari simak 10 tips berikut ini.

Cokelat merupakan salah satu jenis makanan yang hampir semua orang menyukainya. Jenis makanan ini menjadi makanan favorit bagi orang-orang dikarenakan selain manfaatnya yang juga menakjubkan rasanya pun enak. Tapi sering kali ketika kita ingin memakannya, cokelat tersebut sudah meleleh.

Cokelat banyak jenisnya, mulai dari harga yang rendah hingga harga yang cukup tinggi, bahkan mahal. Kamu bisa menikmatinya sesuai dengan selera masing-masing. Kamu hanya perlu menentukan budget sehingga bisa menikmati cokelat ini. Banyak yang bilang bahwa cokelat merupakan makanan yang cukup mewah, wah.

Jika kamu adalah salah satu cokelat lovers, pastikan untuk dapat menyimpannya secara baik dan benar.  Hal ini penting, karena rasa ataupun tekstur cokelat tidak akan lagi bisa mengunggah selera, jika menyimpannya kurang tepat. Misalnya saja, kamu pasti pernah lupa menyimpan cokelat dengan aman kemudian cokelat tersebut meleleh. Hal ini akan membuat kamu tidak mau memakannya bukan?

Indonesia merupakan negara tropis, hal ini menyebabkan cokelat sangat mudah meleleh. Nah, jika kamu ingin menyimpan cokelat dengan waktu yang cukup lama, berikut beberapa tips agar cokelat tidak mudah meleleh.

1. Belilah Cokelat “Tahan Leleh”

Para ilmuan sejak perang Dunia ke dua telah mencoba berbagai macam cara untuk membuat cokelat tidak mudah meleleh. Hal ini berguna ketika pasukan yang bertempur di medan perang dapat memakannya meski di tempat yang panas. Jadi, mereka tidak perlu khawatir jika cokelat akan menguap dan meleleh.

Sudah banyak percobaan yang telah dilakukan dalam pembuatan cokelat tahan leleh ini. Cokelat ini bisa menahan panas hingga 100 derajat Fahrenheit. Meski terbilang bisa tapi cokelat ini memiliki kekurangan. Dari pengujian yang telah dilakukan kekurangannya adalah dalam segi rasa.

2. Simpan pada Tempat yang Bersuhu Rendah

Contoh lemari pendingin
Contoh lemari pendingin (sumber: pixabay.com)

Ketika menyimpan cokelat usahakan dalam tempat yang memiliki suhu yang rendah, hal ini agar cokelat tidak mudah meleleh. Suhu di dalam ruangan tempat penyimpanan cokelat adalah 15 hingga 21 derajat Celcius.

Simpanlah cokelat tersebut di dalam lemari pendingin atau kulkas, jika ingin cokelat bertahan lebih lama. Dalam suatu penelitian ditunjukkan bahwa sebagian besar cokelat akan meleleh pada suhu 75 sampai 95 derajat Fahreinheit. Jika kamu menyimpannya pada suhu ini, bisa dipastikan cokelat yang kamu simpan akan mudah meleleh.

Sebelum menyimpannya, bungkus cokelat terlebih dahulu dengan plastik. Hal ini berguna agar proses penguapan menjadi lambat. Setelah melakukan ini sudah bisa terjamin cokelat tidak mudah meleleh.

3. Tempatkan Cokelat di Atas Es

Ilustrasi es
Ilustrasi es (sumber: kumparan.com)

Kamu juga bisa juga menempatkan cokelat di atas es agar cokelat tidak mudah meleleh. Jika kamu memiliki rencana untuk membuat suatu hidangan dengan menggunakan cokelat, akan tetapi kamu akan memakannya nanti, sebaiknya kamu harus membekukannya terlebih dahulu.

Kamu bisa menaruhnya dalam suatu kemasan pelindung atau wadah. Selain itu kamu juga bisa menggunakan kantong plastik yang tersegel. Jika telah selesai kamu bisa menaruhnya di atas es di dalam kotak pendingin.

4. Jauhi dari Jenis Benda dan Makanan yang Memiliki Bau Menyengat

Saat ingin menyimpan cokelat upayakan agar jauh dari benda atau makanan lain yang memiliki bau menyengat. Hal ini berguna supaya cokelat tidak ikut tercemar oleh bau tersebut. Aroma dan rasa cokelat akan berubah ketika cokelat sudah ikut tercemar oleh bau menyengat dari benda atau makanan lain.

Namun yang perlu kamu ingat, jangan lupa untuk membungkus cokelat terlebih dahulu dengan menggunakan plastik atau bisa juga dengan memasukkan cokelat ke dalam suatu wadah kering dan tertutup. Hal ini berfungsi agar uap air di dalam lemari pendingin atau kulkas tidak mengenai cokelat secara langsung.

5. Simpan pada Tempat yang Bersih dan Kering

Sebaiknya cokelat disimpan juga di tempat yang tidak terlalu basah atau lembah. Cokelat akan dengan mudah dihinggapi jamur jika disimpan di tempat yang terlalu basah atau lembap. Cokelat juga bisa rusak bahkan kualitasnya akan berkurang jika terkena air.

Jadi agar cokelat tidak mudah meleleh simpanlah pada tempat yang kering serta bersih.

6. Hindarkan dari Sinar Matahari Secara Langsung

Matahari adalah energi terpanas di muka bumi. Bahkan ketika sampai pada puncak panasnya sering kali membuat kita malas keluar rumah. Meski demikian matahari penting untuk Kesehatan kita, dengan berjemur saja di bawahnya dapat membuat kulit kita menjadi sehat.

Tapi tidak demikian halnya dengan cokelat. Cokelat tidak bisa terkena sinar matahari, cokelat akan langsung meleleh jika kita tinggalkan sebentar saja di bawah sang surya tersebut.

Selain di tempat yang bersih dan kering cokelat juga disimpan pada tempat yang tidak kena paparan matahari langsung. Cokelat akan mudah berbau dan meleleh jika terkena paparan matahari langsung.

7. Simpan Cokelat di Tempat Gelap

Kamu juga bisa menyimpan cokelat di tempat yang gelap agar tidak mudah meleleh. Selain cokelat dihindarkan dari panas matahari, jauhkan juga cokelat dari panas yang berlebih.

Cahaya sering hubungkan dengan energi dan panas yang bisa melelehkan cokelat dengan waktu yang sangat singkat. Kamu cukup menyimpannya di dalam lemari yang gelap atau tidak transparan. Cokelat tidak akan mudah meleleh jika sudah disimpan tempat yang gelap.

Atau bisa saja kamu menyimpannya di dalam suatu peti, kotak, tas, yang penting tempat yang gelap. Tapi jangan menyimpannya di luar jika malam hari. Hal ini mencegah agar cokelat kamu tidak di makan oleh hewan atau makhluk lainnya.

8. Simpan Cokelat dalam Wadah Tertutup

Wadah tertutup supaya coklat tidak mudah meleleh
Contoh wadah tertutup agar cokelat tidak mudah meleleh (sumber: pixabay.com)

Ketika kamu ingin membawa cokelat dalam berpergian, kamu bisa menyimpannya di dalam wadah yang tertutup. Wadah yang tertutup bisa mencegah agar cokelat tidak mudah meleleh.

Banyak para ahli yang mengatakan cara ini adalah cara yang paling simple atau sederhana. Ya, meski tidak akan bertahan lama tapi setidaknya bisa menyimpannya sementara sebelum cokelat siap di makan.

Dengan menyimpannya di dalam wadah tertutup tas kamu tidak akan kotor karena lelehan cokelat. Rasa cokelat pun akan tetap terjaga. Karena jika cokelat berada pada wadah yang tidak tertutup itu akan mengurangi rasa tekstur yang ada pada cokelat.

9. Ganti Penggunaan Cocoa Butter dengan Lemak Terhidrogenasi

Karena iklim yang berbeda-beda antar satu negara dengan negara lainnya, hal ini juga menyebabkan perbedaan antara cokelat yang digunakan.

Agar cokelat tidak mudah meleleh kamu juga bisa mengganti penggunaan cocoa butter menjadi lemak terhidrogenasi. Dengan perubahan ini maka titik leleh cokelat akan berubah.

10. Belilah Freezer Terpisah

Sekarang zaman sudah semakin maju, teknologi pun sudah berkembang. Sudah banyak ahli-ahli berbakat yang menemukan penemuan-penemuan baru.

Salah satunya adalah freezer terpisah atau freezer portable. Jadi jika kamu tidak ingin repot, kamu cukup dengan membeli salah satunya. Kamu bisa membawanya dengan aman, dan nyaman kemana pun. Cokelat akan aman tersimpan dalam beberapa waktu yang lama. Cokelat tidak mudah meleleh jika sudah disimpan di dalam benda ini.

Ini akan sangat berfungsi, ketika ingin melakukan kemah atau rekreasi di luar pasti akan sangat efektif. Cokelat akan tersimpan aman dan jauh dari kata lelehan.

Nah, bagaimana? Sekarang kamu tentu sudah mengetahui beberapa tips agar cokelat tidak mudah meleleh bukan? Semoga tips ini bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *