segelas cokelat panas

RASAKAN! 10 Manfaat Segelas Cokelat Panas Untuk Pagimu

Pagi hari ialah waktu yang tepat untuk memulai segala aktivitas harimu. Aktivitas awal yang dilakukan di pagi hari biasanya adalah sarapan. Berbagai menu hidangan saat sarapan dapat memberikan energi lebih untuk aktivitas harimu.

Tambahkan menu segelas cokelat panas sebagai pengganti jus atau susu untuk menambah variasi sarapanmu. Tidak hanya itu, dengan meminum segelas cokelat panas di pagi hari akan memperlancar proses metabolisme tubuh sepanjang hari, sehingga tidak ada akan ada gangguan berupa rasa kembung yang mengganggu aktivitasmu seharian.

Mungkin bagi kamu pecinta cokelat, dapat dipastikan tidak asing lagi dengan salah satu jenis olahan cokelat yaitu minuman cokelat panas (hot chocolate).  Cita rasa manis, sedikit pahit, dan panas dari segelas cokelat panas sangatlah pas untuk mengawali pagimu yang dingin.

Cokelat panas (hot chocolate) dapat dibuat dengan mendidihkan air yang dicampur bubuk cokelat yang kemudian ditambahkan susu sapi segar secukupnya, atau sesuai selera.

Akan tetapi, sebaiknya untuk tidak menambahkan gula agar tidak mengurangi kadar kakao yang terdapat dalam cokelat. Senyawa flavonoid yang terdapat dalam cokelat panas mampu meningkatkan oksigen dan aliran darah ke otak.  Berikut adalah 10 manfaat meminum segelas cokelat panas:

10 Manfaat Minum Segelas Cokelat Panas untuk Pagimu

meminum cokelat panas di pagi hari
segelas cokelat panas (freepik.com)

Hasil penelitian yang dilakukan peneliti dari The Netherlands Journal of Medicine menyatakan, senyawa antioksidan yang terdapat pada bubuk kakao dari biji tanaman cokelat mengandung senyawa fenolik. Senyawa fenolik ini dilaporkan memiliki dampak positif bagi tubuh dalam melawan kanker, penuaan dini, stres oksidatif, arterosklerosis dan membantu dalam mengatur tekanan darah.

Berikut manfaat lain yang dapat dirasakan dari meminum segelas cokelat panas di pagi hari:

1.      Mencegah dan Melawan Kanker

semangat melawan kanker
pejuang kanker (freepik.com)

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa segelas kakao mengandung antioksidan yang mampu melawan kanker tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan segelas teh hijau, serta dua kali lebih banyak dibandingkan dengan segelas anggur merah. Antioksidan sangatlah dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan radikal bebas.

Para peneliti juga menganjurkan untuk meminum cokelat panas pada pagi hari agar memberi efek positif bagi tubuh.

2.      Mampu Meningkatkan Daya Ingat

meningkatkan kemampuan daya ingat
kesehatan otak (freepik.com)

American Association for the Advancement of Science mengemukakan, bahwa dengan meminum segelas cokelat panas dapat membantumu untuk menajamkan kemampuan otak serta meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan.

Hal ini dapat terjadi disebabkan oleh kandungan flavonoid dalam cokelat panas mampu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak. Meningkatnya aliran darah yang diedarkan ke seluruh tubuh berarti akan meningkatkan suplai oksigen ke otak.

Tidak hanya sampai di situ, penelitian lain telah membuktikan adanya efek positif yang didapatkan dari mengonsumsi cokelat terhadap kesehatan otak pada penderita Parkinson dan penyakit Alzheimer. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan informasi lebih.

Sebaliknya, apabila terjadi berkurangnya aliran darah dan suplai oksigen ke otak, maka akan menyebabkan penyakit demensia. Sehingga para peneliti percaya  bahwa demensia dapat dicegah dengan meminum cokelat.

3.      Menekan Risiko Terkena Penyakit Jantung

kesehatan jantung
serangan jantung (freepik.com)

Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dari Cornell University, konsentrasi antioksidan dari segelas cokelat panas lima kali lipat lebih kuat dibandingkan dengan teh hitam.

Penelitian ini dipimpin oleh seorang professor yang bernama Chang Yong Lee. Ia menambahkan kondisi “panas” pada cokelat panas (hot chocolate) itu penting karena senyawa antioksidan banyak dilepaskan pada saat dipanaskan.

Dalam studi lain yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition menjelaskan bahwa kandungan senyawa flavanol di dalam cokelat mampu menurunkan kolesterol, melemaskan pembuluh arteri serta menurunkan tekanan pada darah.

4.      Membantu Meningkatkan Aliran Darah

Kandungan senyawa flavonoid pada kakao dapat membantu proses oksida nitrat di dalam tubuh. Proses inilah yang dapat meningkatkan aliran darah dan mencegah terjadinya darah menggumpal dengan membuat  trombosit tidak terlalu lengket, sehingga tekanan darah menjadi turun dan menjaga jantung tetap sehat.

Ditambah dengan kemampuan senyawa flavonoid dalam cokelat  yang menjadi pengencer darah dan sebagai anti-pembekuan pada darah dapat secara signifikan mengurangi risiko terkena stroke.

5.      Memberi Efek Menenangkan

relaxing, tenang
menikmati ketenangan (freepik)

Mengonsumsi cokelat dalam bentuk olahan cokelat panas dapat membantu penikmatnya melawan stres, depresi dan kecemasan.

Kandungan senyawa serotonin dalam cokelat bertindak sebagai anti-depresan dapat memicu terjadinya produksi endorfin yang mampu mengubah suasana hati menjadi senang.

6.      Membantu Memperkuat Gigi

perubahan warna pada gigi dan kesehatan gigi
perubahan warna gigi (freepik)

Cokelat hitam panas (dark hot chocolate) mengandung senyawa theobromine yang dapat membantu mencegah terjadinya perubahan warna gigi. Senyawa theobromine ini mampu membunuh bakteri Streppococcus mutans yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Selain itu, senyawa tanin dalam kakao mengandung asam oksalat yang membantu mengurangi pertumbuhan plak pada gigi dan menurunkan produksi asam pada mulut.

7.      Menjaga dan Melindungi Kesehatan Kulit

efek kandungan cokelat melindungi kulit dari cahaya matahari
perlindungan kulit dari matahari (freepik.com)

Mengonsumsi minuman berupa cokelat panas pada pagi hari sangatlah disarankan, karena memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kulit.

Berbagai mineral yang terkandung di dalam cokelat berguna untuk regenerasi kulit serta otot pada tubuh. Salah satu mineral tersebut ialah kolagen. Hasil akhirnya berupa kulit tampak lebih elastis, mencegah terjadinya penuaan dini serta kerutan pada kulit wajah.

Kandungan flavonoid dalam cokelat  mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV. Selain itu, senyawa flavonoid dalam cokelat panas membantu meningkatkan proses hidrasi pada kulit sehingga kulit menjadi tetap lembap. Hal ini dapat dijadikan sebagai salah satu solusi kecantikan yang terenak dan baik.

8.      Kaya Akan Mineral dan Vitamin

Cokelat hitam memiliki kandungan yang kaya akan mineral dan vitamin. Mineral dan vitamin yang terdapat dalam cokelat hitam diantaranya adalah kalium, tembaga, zat besi, magnesium, vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh lainnya. Hal ini tentulah sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh karena dapat mencegah anemia, masalah jantung dan diabetes tipe 2.

9.      Membantu Meringankan Penyakit Asma

meringankan penyakit asma
pengidap asma (freepik.com)

Terdapat tiga komponen di dalam cokelat yang mampu meringankan asma apabila dikonsumsi secara rutin. Tiga komponen tersebut diantaranya teofilin, theobromine dan kafein. Ketiga komponen ini sangat efektif dan penting dalam menghentikan bronkospasme dan membantu membuka saluran bronkial yang terhambat karena asma.

10.  Membantu mengurangi gejala pada penyakit diabetes tipe 2

Cokelat panas dapat memberikan manfaat untuk mengontrol kadar gula pada darah. Senyawa flavanol  memiliki sifat antidiabetes sehingga baik dikonsumsi.

Senyawa flavanol bekerja dalam tubuh dengan memperlambat pencernaan serta proses penyerapan karbohidrat di dalam usus. Hal tersebut dapat membantu memperbaiki proses sekresi insulin, merangsang pengambilan gula dari darah ke otot, serta mampu mengurangi peradangan.

Keseluruhan manfaat yang dijelaskan di atas dapat dirasakan secara optimal, bila meminumnya sesuai batas aman dalam mengonsumsi cokelat. Gunakan serta seduhlah bubuk kakao atau cokelat dengan kadar gula  dan kandungan lemak yang rendah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *