Suka Makan Cokelat? Mitos dan Fakta yang Wajib Kamu Tahu!

Semua orang di dunia suka makan cokelat
Sumber Gambar : asset.kompas.com

Cokelat adalah camilan manis paling populer di dunia. Menurut World Cocoa Foundation Orang-orang di seluruh dunia mengkonsumsi lebih dari 3 juta ton biji cokelat setahun. Sebagian orang merasa diri mereka lebih senang setelah mengkonsumsi cokelat.

Cokelat berasal dari buah kakao Theobroma. Pohon kakao Theobroma berasal dari daerah aliran sungai Amazon dan Orinoco di Amerika Selatan. Pohon-pohon ini didistribusikan secara luas dari Meksiko. Pohon kakao  biasanya berkembang di daerah yang panas dan lembab. Ketika popularitas cokelat menyebar, para petani mendirikan perkebunan di wilayah lain, sepe

daerah di indonesia penghasil cokelat terbaik
Sumber Gambar ; sehatq.com

rti Afrika Barat, Asia Selatan dan Tenggara. Saat ini, Ghana, Pantai Gading, Nigeria, Indonesia, dan Brasil menyumbang 79 persen  produksi kakao dunia.

Mitos dan Fakta Tentang Cokelat

Mitos dan fakta tentang memakan cokelat
Sumber Gambar : kumparan.com

Ketika masih anak-anak, orang tua kita biasanya memberi tahu bahwa cokelat kurang baik bagi kesehatan. Sebagian orang tua sering memerahi apabila kita terlalu banyak menkonsumsi cokelat. Kali ini akan membahas beberapa mitos dan fakta tentang cokelat terbukti secara ilmiah.

Mitos: Cokelat memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi dari kopi

Fakta: Saat makan cokelat dapat membuat Anda merasa senang, cokelat sebenarnya tidak memiliki kandungan kafein yang tinggi. Cokelat batangan 1,4 ons hanya mengandung 6 mg kafein. Sedangkan kopi bisa mengandung sekitar 65-135mg kafein.

Mitos: Cokelat dinilai tidak memiliki nilai gizi.

Fakta: Cokelat adalah salah satu sumber zat besi yang baik. Cokelat juga dinilai mengandung polifenol yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko terkena penyakit koroner. Satu batang cokelat rata-rata mengandung zat antioksidan.

Mitos: Cokelat memiliki banyak lemak jenuh dan berpengaruh terhadap kolesterol.

Fakta: Asam stearat, lemak jenuh utama yang ditemukan dalam cokelat tergolong unik. Penelitian telah menunjukkan bahwa cokelat tidak meningkatkan kadar kolesterol dengan cara yang sama seperti jenis lemak jenuh lainnya. Bahkan, makan cokelat batangan 1,4 ons alih-alih dianggap sebagi camilan yang kaya akan karbohidrat dan telah terbukti meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Mitos: Cokelat menyebabkan gigi berlubang.

Fakta: Gigi berlubang terbentuk ketika bakteri di mulut memetabolisme gula dari segala jenis makanan (soda, permen, jus, roti, nasi dan pasta) untuk menghasilkan asam. Asam ini kemudian memakan enamel gigi dan menyebabkan terjadinya rongga pada gigi. Kandungan protein, kalsium, dan fosfat cokelat sebenarnya dapat melindungi gigi. Dalam arti lain cokelat membersihkan mulut lebih cepat daripada permen lainnya.

Fakta : Macam-Macam Cokelat dan Manfaatnya

manfaat dari memakan cokelat
Sumber Gambar : detik.net.id

Kita semua mengetahui bahwa cokelat merupakan berasal dari biji buah kakao. Walaupun sama, proses pengolahan cokelat terbagi dalam berbagai jenis. Semua cokelat bisa kita konsumsi kapanpun, tapi ada jenis dan manfaat dari cokelat. Berikut merupakan jenis cokelat dan manfaatnya.

Dark chocolate

Dark chocolate adalah jenis cokelat yang mungkin kita sering dengar namanya. Cokelat jenis ini merupakan cokelat yang sehat untuk kita konsumsi. Dark chocolate memiliki kandungan pasta cokelat yang tergolong tinggi hal itu yang membuat warnanya gelap dan memiliki rasa pahit. Cokelat jenis ini memberikan efek positif apabila kita mengkonsumsinya. Salah satunya dapat meningkatkan mood serta menghasilkan energi yang positif. Dark chocolate cocok nih buat dikonsumsi pada saat anda merasa bete.

Cokelat Susu

Cokelat susu tentu yang paling umum dan gampang untuk kita temukan. Sesuai namanya kandungan yang terdapat dalam cokelat ini yaitu, susu. Susu membuat rasa cokelat memiliki rasa yang enak serta membuat tekstur meleleh dalam mulut. Cokelat susu juga memiliki manfaat untuk menambah protein pada tubuh kita. Rasanya yang manis dari cokelat susu membuat cokelat jenis ini paling sering dijadikan cemilan.

Cocoa powder

Jenis cokelat ini memliki bentuk bubuk yang terbuat dari biji kakao asli. Cokelat bubuk biasanya memiliki kandungan lemak cokelat, serta kandungan antioksidan. Hal itu memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Rasa cokelat ini sangat kuat, karena tidak melewati banyak proses pengolahan. Biasanya bubuk cokelat sering digunakan untuk bahan pembuatan kue.

Couverture Chocolate

Couverture Chocolate merupakan jenis cokelat yang premium dan mungkin jarang kita jumpai dipasaran. Cokelat ini biasanya digunakan sebagai bahan pelapis makanan dessert dan kue di hotel berbintang lima. Kandungan lemak yang ada di cokelat ini tergolong tinggi yaitu sekitar 30 persen. Untuk yang ingin menambah berat badan mungkin bisa mengkonsumsi cokelat jenis ini.

Fakta : Penanaman Biji Cokelat

cara menanam biji cokelat
Sumber gambar : kompas.com

Untuk anda yang senang memakan cokelat, harus tau juga dong cara menanam cokelat. Pohon cokelat ternyata tidak bisa tumbuh disembarang tempat. Untuk bisa menanam pohon cokelat harus ditanam secara benar, agar menghasilkan biji cokelat yang baik. Biji cokelat berawal dari buah pada pohon Kakao, biji dari buah kakao diolah dengan cara dikeringkan dan ditumbuk Beriku ini kita akan bahas proses penanaman biji cokelat sampai bisa diolah

Menyiapkan Lahan Tanam

Tentu saja sebelunya kita harus memiliki lahan untuk proses penanaman. Pohon cokelat sendiri dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang mengandung humus dengan ukuran pH 6,1 sampai 7. Pohon cokelat juga dapat tumbuh baik pada ketinggian 1 sampai 600 MDPL (Meter Di Atas Permukaan Laut). Lahan yang akan ditanami pohon cokelat harus bebas dari ilalang. Di Indonesia sendiri pohon cokelat akan tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki curah hujan.

Memilih Bibit Kakao

Setelah memilih lahan yang bagus untuk media tanam, selanjutnya kita harus bisa memilih bibit kakao yang baik. Bibit kakao yang baik biasanya memliki benih sehat tidak dimakan tangau serta mempunya daun dan akar batang yang bagus. Bibit kako bisa didapatkan dengan cara memanfaatkan biji kakao dan lalu disemua di lahan yang akan ditanam. Bibit kakao yang baik untuk ditanam  harus memiliki usia 4 sampai 5 bulan.

Menanam Bibit Kakao

Sebelum menanam, kita harus menentukan lubang dan pola tanam, hal ini bertujuan untuk memaksimalkan jumlah tanam per hektar. Pola tanam pada perkebunan cokelat biasanya memakai pola tanam segi empat atau nama lainya pola tanam berpagar ganda. Pada pola ini barisan pohon kakao dipisahkan dengan ukuran dua kali jarak tanamnya. Hal itu unutuk mebuat ruang diantar pohon kakao, guna memudahkan dalam pemeliharaan pohon kakao. Setelah itu, barulah mulai menanam bibit kakao yang sudah dipilih. Masukan bibit yang berusia 4 sampai 6 bulan ke lubang tanam.

Fakta : Daerah di Indonesia Penghasil Cokelat Terbaik

daerah di indonesia penghasil cokelat terbaik
Sumber Gambar ; sehatq.com

Tanaman cokelat di Indonesia sudah tergolong banyak dikenal masyarakat. Tanaman cokelat juga telah dibudidayakan secara luas di Indonesia. Indonesia sendiri termasuk negara pengeskpor kakao terbesar selain Amerika Serikat. Berikut ini merupakan wilayah di Indonesia dengan hasil cokelat terbaik.

Aceh

Aceh merupakan salah satu pengasil cokelat terbaik di Indonesia. Cokelat hassil olahan tanah Aceh ini memiliki rasa yang kuat. Rasanya sedikit pahit, tetapi itu yang membedakan cokelat Aceh dengan daerah lainya.

Bali

Pulau yang paling terkenal di Indonesia memliki udara yang baik bagi pertumbuhan cokelat. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Bali penghasil cokelat terbaik di Indonesia. Banyak petani cokelat di Bali mengolah cokelat jadi berbagai macam olahan, yang paling sering dijumpai tentu pengharum ruangan rasa cokelat dari Bali.

Flores

Flores termasuk daerah penghasil cokelat terbaik di Indonesia. Suku di Floers rata-rata mengolah cokelat dengan cara tradisional. Cokelat di Floers ditanam di ketinggian 500 MDPL. Tanah di Flores memiliki kondisi yang baik sehingga mempengaruhi rasa dari cokelat tersebut.

Fakta : Negara Penghasil Cokelat Terbaik di Dunia

negara penghasil cokelat terbaik di dunia
Sumber Gambar : paktanidigital.com

Setiap negara di dunia memiliki ciri khas sendiri untuk rasa cokelatnya, tapi apakah kalian tahu bahwa negara mana yang memiliki kualitas cokelat yang baik. Berikut ini negara yang memliki kualitas cokelat yang baik di Dunia.

Meksiko

Cokelat produksi meksiko memiliki keunikan pada campuran kayu manis dan kacang almond dalam cokelatnya. Penduduk di Meksiko tidak menjadikan cokelat sebagai cemilan, tapi menjadi sajian wajib sebagai minuman di pagi hari. Kota Oacaca di Meksiko memliki toko cokelat besar di sepanjang jalannya.

Prancis

Negara ini disebut negara paling romantis di dunia. Prancis juga merupakan negara dengan penghasil cokelat terbaik di dunia. Prancis memiliki pabrik cokelat terbaik di dunia yaitu, Valrhona. Pabrik ini memilki rasa cokelat yang lezat untuk dinikmati.

Swiss

Cokelat hasil produksi Swiss merupakan salah satu yang memiliki karakter tersendiri. Cokelat produksi Swiss di olah dengan cara tradisional, mungkin itu yang membuat cokelat hasil negara ini berbeda. Negara Swiss sudah memproduksi cokelat sejak abad ke-17. Konon kota yang bernama Zurich memliki aroma cokelat apabila kita sedang berjalan menyusuri kota.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *